PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

ABSTRAKSI

Proses belajar megajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan tampak di luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak.

Dewasa ini, visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio). Sajian audiovisual menjadikan visualisasi lebih menarik. ICT dalam hal ini komputer dengan dukungan audiovisual dapat menyajikan sebuah tampilan berupa teks nonsekuensial, nonlinear, dan multidimensional dengan percabangan tautan dan simpul secara interaktif. Tampilan tersebut akan membuat pengguna (user) lebih leluasa memilih, mensintesa, dan mengelaborasi pengetahuan yang ingin dipahaminya.

Penelitian De Porter mengungkapkan manusia dapat menyerap suatu materi sebanyak 70% dari apa yang dikerjakan, 50% dari apa yang didengar dan dilihat (audio visual), sedangkan dari yang dilihatnya hanya 30%, dari yang didengarnya hanya 20%, dan dari yang dibaca hanya 10%. Berdasarkan hal tersebut, maka kegiatan hands on dalam PBM harus diutamakan. Namun, kadangkala PBM dihadapkan pada materi yang tidak dapat dilakukan secara hands on. Misalnya suatu percobaan membutuhkan waktu lama, sedangkan waktu PBM terbatas atau benda sebenarnya sulit untuk diperlihatkan dan dieksplorasi oleh siswa. Pada saat seperti inilah diperlukan media pembelajaran.

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang banyak membahas tentang hal-hal abstrak, sehingga akan lebih mudah diterima oleh siswa apabila dikomunikasikan dengan menggunakan media pembelajaran.

Melihat hal tersebut, sangat diperlukan sebuah terobosan baru dalam pengemasan dan penyampaian pembelajaran matematika di sekolah, dan pengembangan media audiovisual menjadi salah satu pilihan solusinya, dengan menggunakan media ini bahasan-bahasan matematika yang biasanya disampaikan secara abstrak akan dikurangi dengan jalan menampilkan bahasan-bahasan matematika yang bersifat real dalam bentuk visualisasi video dan audio. Dengan visualisara (audio). Sajian audio sinyasi video dan audio ini siswa dapat mengamati secara langsung obyek-obyek matematika, sehingga siswa akan mampu mensintesa dan memperoleh pengetahuannya secara lebih mudah dan menyenangkan.

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media audio video dalam pembelajaran matematika  yang dikemas dalam bentuk compact disc.

Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg & Gall dalam Sugiyono(2009), yaitu sebagai berikut:

Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Audiovisual dan  Media Pembelajaran.

4 thoughts on “PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s