Apakah Mahasiswa Pati di Jogja Apolitis?

Ilustrasi Pilkada Pati, sumber: http://kpupati.website.org

Pertanyaan pada judul tulisan diatas begitu saja terbersit saat membaca update status dari saudari saya Meilinda pada FB Grub KMPP. Yah, Pemilukada ulang yang dilaksanakan untuk memilih Bupati Pati akan dilaksanakan esok hari 16 Juni 2012 ternyata berbareng dengan Musyawaroh Anggota Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Pati (KMPP) Komisariat UIN Sunan Kalijaga (16/2) yang dilanjutkan dengan Musyawarah Besar KMPP Yogyakarta hari berikutnya (17/6).

Hal tersebut tentu secara otomatis menjadikan para aktivis dari KMPP tidak mungkin untuk pulang ke Pati dan menyalurkan hak suaranya. Padahal, berdasarkan sepengetahuan saia, para aktivis KMPP ini memiliki visi politik dan pengabdian yang begitu besar kepada tanah kelahiran Kabupaten Pati.

Nah, Bagaimanakah imbas dari kejadian ini? Apakah ini menjadi salah satu bukti bahwa kaum terpelajar Pati telah jenuh dengan pertarungan partai politik yang destruktif? ataukah mereka jenuh untuk ikut berkontribusi memajukan pati?

Bagaimanapun juga, saia pribadi berharap semoga hal ini bukanlah indikasi dari pertanyaan yang muncul kedua. Karena bagaimanapun juga Pati membutuhkan para Pemuda Pemudi terbaiknya untukmewujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

Flash Back di Balik Pilkada Ulang Pati

Keputusan Pilkada ulang kabupaten Pati resmi diperoleh ketika ada keputusan dari MK tentang dibatalkannya Pilkada Pati. Untuk mengetahuinya bagaimana sekilas keputusan tersebut klik disini.

Hal yang menarik dalam berita tersebut adalah keputusan MK yang lebih memenagkan mekanisme internal salah satu partai politik ketimbang peraturan KPU daerah. Nah lucu to?

Semoga kedepan partai elit partai lebih bijaksana, dan lebih memntingkan pengabdian untuk mensejahterakan rakyat daripada sekedar prestise jabatan dan kepentingan segelintir golongan. Amin. (Wallahua’lam)

Yogyakarta, 15 Juni 2012.

Renungan, Mohammad Zaimul Umam (Ketua KMPP Yogyakarta 2009-2010).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s