Ngaji Pasan, Ngalap Berkah dan Keberagaman Budaya Pesantren

Ngaji pasan mungkin menjadi sebuah frasa yang bagi banyak kalangan terdengar cukup asing, tetapi tidak bagi kaum santri (orang yang bersinggungan dengan pesantren). Bagi para santri, frasa tersebut adalah bagian dari aktifitas yang akan Ia laksanakan selama bulan ramadhan.
image

Ngaji pasan merupakan sebuah paket aktifitas yang telah terjadwal dalam sebuah pesantren. Paket tersebut sifatnya beragam antara pesantren yang satu dengan pesantren yang lainnya. Paket tersebut biasanya sesuai dengan ciri khas dan konsentrasi keilmuan dari masing-masing pesantren. Pesantren-pesantren dengan basis Fiqh akan menyusun paket kurikulumnya dengan kitab-kitab fiqh, begitu juga dengan pesantren-pesantren yang lainnya.

Keragaman tersebut tidak hanya tetdapat pada kurikulum pengajian, tetapi juga dalam penentuan waktu khataman. Pada beberapa pesantren biasanya menetapkan bahwa khataman akan dilaksanakan pada tanggal 21 Ramadhan, tetapi juga ada pesantren lain yang mentargetkan hataman pada tanggal 17 ramadhan.

Ngalap Berkah dalam Ngaji Pasan

Selain itu, ngaji pasan juga menjadi wahana bagi para santri untuk ngalap berkah kepada kiai-kiai khos. Mereka akan berpindah dari satu pesantren ke pesantren yang lain untuk ngalap berkah. Pelan namun pasti, para santri akan berusaha menyisihkan waktu untuk ngaji pasan pad)a setiap puasa.
Keyakinan santri untuk memperoleh berkah dari kiai ini menjadi wujud dari penghormatan santri kepad ahli ilmu. Proses yang berjalan adalah santri pada pondok satu akan berusaha ngalap berkah pada pondok yang di asuh oleh kiai dari kiainya. Dengan demikian, diharapkan ilmu yang telah ia pelajari menjadi semakom berkah. (wallahua’lam)

Coretan Ramadhan.
Jogja, 5 Ramadhan 1433 H.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s