Pentingnya Niat Bagi Pelajar/Santri

Didalam mencari ilmu, niat menjadi tahapan yang wajib dilakukan. Sebagai awal  dari segala perbuatan, Niat akan mempengaruhi suksesnya suatu tujuan. Dalam niat, ada pengharapan dan doa ketercapaian tujuan. So, jangan salah niat!!

Dalam sebuah hadist Rasul dijelaskan:

كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية

Ilustrasi

“Banyak amalan yang tampak sebagai amal dunia disebabkan karena bagusnya niat menjadi amal akhirat. Sebaliknya, banyak pula amalan yang tampak sebagai amalan akhirat berubah menjadi amal dunia disebabkan buruknya niat”

Menurut kitab Ta’limul Muta’allim, berdasarkan pemahaman saya yang terbatas sebaiknya   seorang santri/pelajar yang sedang mencari ilmu mendasarkan niatnya pada hal-hal berikut:

1. Diniatkan untuk memperoleh ridho Allah SWT, yakni pelajar tadi mencari ilmu dengan mengharapkan sampainya ridho Allah. Sehingga dengan jalan ini Ia berharap ditempatkan disurganya Allah.

2. Diniatkan untuk menghilangkan kebodohan yang melekat kepadanya.

3. Diniatkan untuk melanggengkan ajaran agama islam, karena salah satu penopang tetap tegaknya ajaran adalah ilmu. Hal ini mengingat tidak sahnya ketaqwaan jika berbarengan dengan ketidaktahuan.

Nah, bagi yang sekarang sekolah/ngaji hanya karena mengisi waktu, belum diniatkan sebagaimana diatas, monggo segera diluruskan niatnya!!. Jangan sampai apa yang kita lakukan muspro atau tidak bermanfaat.

Demikian sedikit berbagi pengetahuan dari kami. Untuk pemahaman lebih jelas, silahkan buka kitab ta’limul muta’allim cetakan toha putra halaman 10.

Semoga bermanfaat😀.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s