Dakwah Lewat Social Media, Kenapa Tidak?

Pesatnya perkembanagan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya sektor media sosial mengakibatkan pergeseran interaksi sosial adalam keseharian manusia modern. Percakapan yang sebelumnya sering dilakukan lewat tatap muka, lambat laun beralih menggunakan sosial media.

Di era teknogi informasi, banyak orang mencari informasi tentang sosial keagamaan lewat media sosial. Hal ini tampak dari banyaknya ummat yang setiap harinya menanyakan masalah fiqh keseharian hingga masalah ibadah kepada akun @gusmugusmu / @gus_sholah di twitter.

Hal lain yang juga menarik adalah betapa ramainya beberapa grup facebook yang melabeli diri mereka sebagai grup diskusi keagamaan. Ambil contoh Grup FB PISS-KTB yang melabeli dirinya sebagai grup diskusi keagamaan berbasis Ahlussunnah Waljamaah. Dalam grup ini, bisa dipastikan dalam sehari ada dua atau tiga bahasan yang didiskusikan oleh anggotanya

Nahdlatul-Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan berbasis Ahlussunnah Wal jamaah telah memiliki sejarah panjang terkait feksibilitasnya dalam beradaptasi dengan tuntutan zaman. Dalam hal ini, NU Kota Yogyakarta hendaknya turut mendorong penyediaan informasi keagamaan lewat media sosial. Hal ini terkait dengan keberagaman konten dakwah/rujukan dalam bertanya bagi jamaah.

Sebagai wujud dari respon secara organisasional, maka Pengurus Cabang NU Kota Yogyakarta lewat PC Lakpesdam Kota Yogyakarta telah menyiapkan portal http://nujogja.or.id dan http://nujogja.bogspot.com. Portal ini direncanakan menjadi sentrum informasi dan dakwah bagi Nahdliyyin, khususnya Nahdliyin Kota Yogyakart. Sebagai dukungan terhadap portal tersebut, telah disiapkan pula akun twitter @pcnujoga. Akun ini akan menjadi representasi dari peran dakwah NU Kota Yogyakarta lewat sosial media.

2 thoughts on “Dakwah Lewat Social Media, Kenapa Tidak?

  1. Ping balik: Dakwah Lewat Social Media, Kenapa Tidak? | Lakpesdam NU Jogja

  2. Ping balik: Lakpesdam NU Jogja » Dakwah Lewat Social Media, Kenapa Tidak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s