Geliat Konten Khazanah Pesantren di Media Online

Google sebagai mesin pencari populer di Indonesia, memegang peranan penting dalam menentukan ketertarikan pembaca pada sebuah topik tertentu di internet. Hal ini terjadi karena scara psikologis, tulisan yang muncul di halaman pertama google tentu lebih menarik daripada tulisan yang muncul di halaman kelima.

Pemahaman sebagaiamna diatas tentu telah menjadi pengetahuan terbuka bagi kalangan santri, utamanya santri yang juga menempuh pendidikan di universitas/perguruan tinggi. Namun apakah hal tersebut telah menjadi perenungan santri dalam menyampaikan khazanah pesantren? hal ini masih sangat dipertanyakan oleh penulis.

Kenapa demikian? hal ini tak lepas dari sepinya rujukan kata tersebut terhadap dokumentasi dari islam pesantren, bahkan lebih banyak mengarah kepada portal/website yang menyajikan islam secara tekstual.

Santri Harus Mulai Dokumentasi Via Internet

Kondisi sebagaimana diatas bukan saatnya lagi hanya menjadi keprihatinan bersama kalangan pesantren. Pesantren harus mulai membuka diri terhadap kebutuhan ummat. Jika ummat butuh pengetahuan yang mudah diakses via internet, kenapa santri tak sediakan?

Berdasarkan pengalaman penulis berselancar di dunia maya, sudah mulai ada pergerakan positif dari para santri untuk mengahadirkan pengetahuan islam pesantren menggunakan media internet, diantaranya grup diskusi PISS-KTB lewat web http://piss-ktb.blogspot.com.  Dalam tautan tersebut anda dapat menemukan pebagai dokumentasi diskusi yang menggunakan model diskusi di pesantren-pesantren (dilihat dari rujukan setiap argumen-argumen yang menggunakan kitab kuning).

Santripedia.net adalah contoh lain dari usaha santri menyampaikan khazanah islam pesantren ke dunia luar. Menurut deskripsi yang ada di portal, website ini merupakan website yang disiapkan untuk menjadi simpul santri indonesia dalam mendokumentasikan islam nusantara yang ramah dan santun terhadap alam semta (islam rahmatan lil-alamin). Dengan mengusung jargon “Sampaikanlah Kebaikan Walau 1 KB” portal ini mengajak santri untuk menyampaikan pengatahuan sesimpel apapun.

Bagaimana dengan pesantren Kang2e dan Mbak2e sekalian? Mari dokumentasikan kahzanah pesantren!!!

4 thoughts on “Geliat Konten Khazanah Pesantren di Media Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s