#GuruNdeso dan Pendidikan 2.0

Pendidikan 2.0 yang ditandai dengan kemudahan siswa memperoleh dan saling tukar-menukar informasi via web 2.0 menjadi tantangan tersendiri bagi seorang #Gurundeso seperti saya. Mengapa demikian? jawabannya adalah kesenjangan informasi dan infrastruktur yang terjadi antara pembuat kebijakan dan kami yang berada di pedesaan.

Tangkap Layar Website Rumah Belajar http://belajar.kemdikbud.go.id/

Tangkap Layar Website Rumah Belajar http://belajar.kemdikbud.go.id/

Salah satu sampel dari adanya kesenjangan tersebut adalah pemanfaatan web 2.0 yang dimiliki oleh kemendibud yang beralamatkan di http://belajar.kemdiknas.go.id/. Dalam website ini sebenarnya guru dan siswa telah disediakan banyak hal untuk belajar secara online guna menunjang proses pembelajaran yang dilakukannya disekolah. Semisal fasilitas Kelas Maya, Buku Kurikulum 2013 dan Sumber Belajar. Akan tetapi pada prakteknya fasilitas semacam ini tidak mampu dimanfaatkan. Alih-alih memanfaatkan, beberapa siswa yang saya kenalkan dengan website ini beberapa hari  yang lalu (8/09) menyatakan bahwa Ia baru pertama kali mengunjungi situs tersebut.

Ajak Siswa Berlari Menuju Pendidikan 2.0

Mengajak siswa berlari menuju pendidikan 2.0 kiranya merupakan jawaban yang saat ini saya anggap tepat dalam menjawab masalah diatas. Prakteknya, saat mengetahui siswa baru mengenal web http://belajar.kemdikbud.go.id/, saya kemudian mengajak mereka membuat akun kelas. Hal ini saya lakukan agar mereka bisa mengaksesnya pada kesempatan yang lain. Hal lain yang juga saya siapkan adalah kesempatan bagi para siswa yang tidak memiliki laptop/smartphone untuk meminjam laptop saya untuk keperluan belajar 2.0 via internet.

Sudah saatnya pelajar di desa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pendidikan 2.0. Salam #GuruNdeso.

Tinggalkan Balasan

