#GuruNdeso : Kemasan Menarik, Pemantik Siswa Aktif di Kelas

“Kemasalah dengan menarik, maka siswa akan aktif mengikuti pembelajaran yang kau ciptakan” Demikian kiranya Quote sebuah artikel yang menjadi semangat Umar, seorang #GuruNdeso untuk mengemas materi yang diajarkannya dikelas.

Seperti misalnya kemasan yang Ia ciptakan untuk mengajarkan materi memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik novel indonesai dan terjemahan pagi ini.

Kira-kira pukul 7.oo WIB saat umar mulai membuka laptop dan mencari bahan ajar yang akan disampiakannya jam 10.00 nanti. Sebagai #GuruNdeso yang melek teknologi (untuk tidak dikatakan terjajah teknologi) Umar pagi itu mencari bahan ajar di dunia maya seperti biasa. Pencarian yang Ia lakukan dimulai dari mengetikkan kata kunci pilihannya di mesin pencari google, kemudian Ia menuju kepada beberapa blog dan web berbagi presentasi dari slide share.

Sekitar satu jam pencarian itu berlangsung, tetapi Umar belum juga menemukan materi yang pas dan bisa disesuaikan dengan karakteristik siswa yang akan diajarkannya pagi ini. Meskipun demikian, sebagai #GuruNdeso yang kepingin maju, umar melanjutkan pencariannya selama beberapa menit. Hingga akhrnya Ia teringat sebuah kutipan yang menginspirasi:

“Kemasalah dengan menarik, maka siswa akan aktif mengikuti pembelajaran yang kau ciptakan”

Berolak dari kutipan tersebut, Umar kemudian menutup Laptop dan merenungkan kemasan pembelajaran yang akan digunakannya hari ini. Dari perenungan tersebut, kemudian Umar mulai menggunting kertas karton miliknya menjadi beberapa potongan kecil. Dari potongan kecil karton inilah Umar akan mengemas  materinya dalam sebuah petualangan pengetahuan, mau tahu bagaimana langkahnya, simak uraian dibawah ini:

Kemasan : Petualangan Pengetahuan: Mencari Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel

Langkah-Langkah :

1. Potonglah kertas karton dalam ukuran kecil-kecil

2. Buatlah peta petualangan yang akan anda lakukan bersama-sama dengan siswa

3. Tentukan aktivitas apa yang akan dilakukan oleh siswa pada masing-masing pos.

IMG_20131106_194001

4. Arahkan siswa untuk membuat dokumentasi pengetahuan pada masing-masing pos.

5. Siapkan evaluasi yang sesuai dengan materi.

NB: Petualangan pengetahuan yang disiapkan Umar pada hari ini sebenarnya modifikasi dari aktivitas membaca terbimbing siswa, Bedanya, jika pada awalnya membaca terbimbing dilakukan siswa di meja masing-masing. Pada kemasan ini, siswa diajak membaca terbimbing sesuai dengan perintah yang ada masing-masing Pos. Dan hasilnya, semua siswa mau membaca, bahkan mereka yang biasa tidur saat aktifitas ini diberikan dikelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s